Selasa, 03 November 2009

Selamatkan Populasi Penyu Sumatera Barat !

Setelah bulan lalu ramai diberitakan tentang kondisi penyu di Kalbar yang teracam, di Sumatra Barat (Sumbar) populasi penyu juga makin terancam. Aktivitas perdagangan telur penyu di Kota Padang dalam beberapa waktu terakhir semakin marak.
“Dari data kami beberapa tahun terakhir, terjadi peningkatan kenaikan perdagangan telur penyu dari 28 butir per hari pada 2004, menjadi 77 butir per hari,” kata Ketua Pusat Data dan Informasi Penyu Sumbar, Harfiandri Damanhuri, di Padang, Selasa (8/9).
Kegiatan sosialisasi dan kampanye perlu diadakan oleh pihak terkait, baik Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Provinsi Sumbar, maupun dinas terkait lainnya, kepada para pedagang telur penyu, terutama yang berada di kawasan pantai Padang.
Sumbar merupakan satu dari 15 provinsi di Indonesia yang ditetapkan sebagai kawasan konservasi penyu. Penyu termasuk salah satu hewan terancam punah, yang dilindungi dari perdagangan sesuai Konvensi Perdagangan Internasional Satwa dan Flora Liar (CITES).
Konvensi itu telah diratifikasi Indonesia pada 1978 dan memasukkan penyu dalam Apendix I, yaitu kategori harus dilindungi dan tidak bisa diperdagangkan. Menurut Harfiandri, harus ada upaya untuk memutus mata rantai perdagangan telur penyu di Sumbar.
Ini, dapat dilakukan dengan membuat peraturan yang melarang penjualan telur penyu, membatasi jumlah telur yang diperdagangkan, dan mencarikan alternatif usaha masyarakat, yang selama ini bergerak di bidang perdagangan telur penyu. “Tindakan ini harus dilakukan DKP,” kata Harfiandri.
Di Sumbar terdapat sebanyak 31 pulau kecil sebagai tempat pendaratan penyu. Pulau-pulau itu di antaranya, Kerabak Gadang, dan Pulau Gosong di Pesisir Selatan, Pulau Pieh di Pariaman, dan Pulau telur di Pasaman.
Sementara Pemprov Sumbar melalui DKP telah menetapkan dua pulau kecil sebagai konservasi penyu yakni Pulau Garabak Ketek dan Pulau Penyu di Pesisir Selatan.
Di pulau-pulau itu, penangkaran penyu dilakukan. Hanya saja, aktivitas perdagangan juga terus meningkat. “Kalau terus dibiarkan, populasi penyu di Sumbar bisa punah,” katanya.
Di Sumbar terdapat tiga jenis penyu, yakni penyu hijau (Chelonia mydas), belimbing, dan sisik.
Sumber : Kompas, September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar